3 Jenis Asuransi Perjalanan Terbaik

April 25, 2018
Asuransi Perjalanan
Asuransi Perjalanan
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli paket asuransi perjalanan dari agen asuransi, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi jenis asuransi perjalanan yang ada saat ini. Asuransi perjalanan memang memiliki beragam jenis. Pertama, jika Anda memerlukan asuransi perjalanan yang dapat melindungi perjalanan Anda ke luar negeri, Anda dapat memilih program perjalanan tunggal atau program tahunan. Untuk perjalanan tunggal, biasanya bisa menjamin satu perjalanan saja.

Program ini akan menjamin Anda sampai 6 bulan atau 180 hari dalam satu kali perjalanan. Sedangkan untuk paket kedua adalah program tahunan, dimana program bisa menjamin dan menanggung setiap perjalanan dengan waktu maksimal 90 hari/trip. Tapi biasanya premi asuransi perjalanan akan tergantung dari paket yang diambil. Setiap penyedia asuransi akan menawarkan program dengan nama yang berbeda. Setelah memahami jenis asuransi perjalanan, Anda juga perlu tahu beberapa tips memilih asuransi perjalanan berikut.

Penelitian Cakupan Asuransi
Anda perlu mengetahui berbagai klausul yang tercakup dan tidak tercakup dalam setiap jenis asuransi yang ditawarkan. Misalnya, secara umum setiap kebijakan harus menawarkan biaya medis darurat, rincian apa yang akan dibahas, hingga manfaat cakupan yang besar. Sebaiknya jangan hanya membeli polis yang memiliki jangkauan maksimal, tapi sebaiknya pilih asuransi yang sesuai dengan kondisi anda sendiri. Mungkin ada beberapa cakupan yang tidak sesuai dengan kondisi Anda? Daripada terbuang sia-sia karena tidak terpakai, lebih baik pilihlah yang paling tepat tentunya.

Tentukan Lingkup Tujuan
Biasanya perusahaan asuransi perjalanan akan menawarkan kebijakan yang memiliki cakupan global atau hanya pada wilayah geografis tertentu. Perlu Anda ketahui bahwa memilih kebijakan dengan cakupan global akan lebih aman karena tidak ada risiko penolakan. Tapi kemungkinan akan ada sub klausul dan beberapa pengecualian untuk ini. Kemudian ketika Anda bepergian ke daerah tertentu juga akan berisiko tinggi, premi bisa lebih tinggi dan batasan akan diberlakukan lebih ketat.

Riwayat Kondisi Kesehatan
Umumnya perusahaan asuransi perjalanan tidak akan menanggung kondisi kesehatan pemegang polis yang ada. Bisa jadi perusahaan asuransi akan menanyakan rincian riwayat medis yang bisa membuat klaim ditolak. Jadi Anda harus mengungkapkan rincian kesehatan pada tahap awal, sehingga klaim bisa diterima.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »