Tata Cara Menata Ruang Keluarga

February 19, 2018

Seperti halaman kosong atau kanvas, ruang kosong bisa berupa peluang atau tantangan tersendiri. Terutama bila ruangan tersebut kecil dan sempit, cara menata ruang keluarga harus direncanakan dengan baik dan tidak boleh tergesa-gesa. Baik itu saat memilih furniturenya hingga tata letak semua perabot yang akan ada disana.

Untuk penyesuaian furniture, jangan sembarangan memilih toko, IKEA saja untuk furniture yang terbaik dan berkualitas tinggi. Dengan produk berkualitas, maka bisa awet dan tahan lama. Bila masih pusing mengisi ruang keluarga bisa ikuti panduan cara menata ruang keluarga berikut!

Fungsi
Pertimbangkan bagaimana ruangan digunakan dan berapa banyak orang yang akan menggunakannya. Itu akan menentukan jenis perabot yang Anda perlukan dan jumlah tempat duduk yang dibutuhkan. Itulah cara menata ruang keluarga yang tepat. Ingat, langkah pertama adalah berkaitan dengan fungsi ruangan keluarga Anda.

Titik fokus (focal point)
Kenali focal point ruangan itu televisi, jendela dan lain-lain. Lalu, arahkan furnitur sesuai dengan itu. Jika Anda berencana untuk menonton televisi di dalam ruangan, jarak ideal antara focal point dengan tempat duduk tiga kali ukuran layar (diukur secara diagonal). Karena itu, jika Anda memiliki set 40 inci, kursi Anda harus berjarak 120 inci.

Prioritas
Letakkan potongan furnitur terbesar terlebih dahulu, seperti sofa di ruang keluarga atau tempat tidur. Dalam kebanyakan kasus, bagian ini harus berhadapan dengan focal point ruangan. Kursi harus tidak lebih dari 2,4 meter terpisah untuk memudahkan percakapan. Kecuali ruangan Anda sangat kecil, hindari mendorong semua perabotan ke dinding.

Simetri
Pengaturan simetris bekerja paling baik untuk ruang formal. Pengaturan asimetris membuat ruangan terasa lebih santai.

Lalu lintas
Pikirkan arus lalu lintas melalui ruangan, umumnya jalan antar pintu. Jangan menghalangi jalan itu dengan perabot besar jika Anda bisa menghindarinya. Izinkan lebar 30 sampai 48 inci untuk rute lalu lintas utama dan lebar minimum 24 inci untuk yang kecil.

Cobalah untuk mengarahkan lalu lintas di sekitar kelompok tempat duduk, bukan melalui tengahnya. Jika lalu lintas menembus bagian tengah ruangan, pertimbangkan untuk membuat dua area tempat duduk kecil, bukan satu area yang besar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »