Tuesday, October 31, 2017

Membimbing dan Melatih Tumbuh Kembang Anak


Perkembangan dan pertumbuhan anak adalah sesuatu hal yang sangat penting, sehingga perlu bimbingan dan arahan dari orang tua untuk melatih motorik anak dengan hasil yang lebih baik. Memiliki seorang anak yang sehat dan juga cerdas adalah impian setiap orang tua. 

Hal tersebut patut disyukuri karena tidak semua orang dianugerahi anak sebagai titipan Tuhan Yang Maha Esa. Apalagi jika anak tersebut normal dalam perkembangan, serta tidak memiliki keluhan apapun. Setiap orang tua tentunya ingin anaknya tumbuh sesuai dengan perkembangan usianya, namun kebanyakan dari orang tua terutama yang baru menjadi seorang ayah dan ibu kurang memahami cara mengolah kemampuan anak baik dari kemampuan motorik anak ataupun psikomotornya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam merangsang perkembangan dan pertumbuhan kemampuan anak dalam berbagai hal sesuai dengan usianya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang perlu dilakukan orang tua untuk melatih kemampuan motorik seorang anak yaitu : Perbanyak gerak Pada umumnya anak selalu bergerak kemana pun mereka inginkan. Para orang tua biasanya melarang anak untuk ini dna itu karena alasan berbahaya ataupun jengkel karena tidak kunjung diam. 

Kegiatan anak seperti itu memang bukan perkara yang salah, dan itu termasuk hal wajar karena aktivitas anak selalu ingin tahu dan melakukan berbagai gerakan menjadi latihan motorik halus dan kasar dari seorang anak. Bermain sambil belajar Bermain adalah kegiatan yang paling disukai oleh semua anak di dunia ini. Jangan batasi mereka untuk bermain, tapi berilah arahan kepadanya untuk bermain dengan permainan yang baik untuk pertumbuhan fisik, mental, dan juga kecerdasannya. 

Permainan tradisional di masyarakat sebenarnya merupakan permainan yang baik dan sudah teruji hasilnya. Anak-anak tempo dulu lebih kreatif dan banyak menciptakan produk dibanding dengan anak sekarang yang sudah serba ada dan modern. Memberi bimbingan dan arahan Apapun yang dilakukan oleh anak tidak terlepas dari rasa keingintahuannya. 

Biarkan merka untuk mencoba dalam hidupnya, tapi selalu dalam lindungan dan bimbingan dari orang tua untuk mengarahkan mereka dalam melakukan berbagai aktivitas. Itulah tiga kegiatan dari beberapa kegiatan yang bisa orang tua lakukan untuk melatih kemampuan motorik anak. biasakan selalu untuk mereka mengkonsumsi susu dancow setiap hari, untuk membantu pertumbuhannya.
Load disqus comments

0 komentar