Wednesday, August 23, 2017

Metode Tepat Mengajarkan Membaca Pada Anak

cara belajar membaca

Suatu proses menuju kepintaran dan menambah pengetahuan anak adalah dengan melatihnya supaya bisa membaca. Membaca tentunya tidak harus dipercayakan kepada lembaga pendidikan, karena biasanya ketika anak memasuki sekolah, akan bengong melihat teman – temannya yang sudah bisa membaca sementara ia belum bisa membaca. Oleh sebab itu, persiapkan anak anda sebelum memasuki sekolah dengan melatih mambaca agar anak pintar. Cara belajar membaca anak memang sangat banyak, yang mana melatih anak belajar membaca tentunya berbeda dengan melatih membaca pada orang dewasa. Anak sejatinya mempunyai dunianya sendiri, yang mana kita sebagai orangtua terkadang harus ikut masuk ke dunianya, bukan anak yang harus dipaksa untuk memasuki dunia kita orangtua. Oleh sebab itu, terkadang sebagai orangtua sipat seperti anak – anak dalam melatih dan belajar membaca merupakan hal penting, intinya demi tercapainya suatu hal yang akan membuat anak menjadi pintar.  
Oleh sebab itu, agar anak bisa lebih mudah menangkap pelajaran membacanya, lebih baik ibu mengajarkan anak membaca dengan sederhana dengan cara pengenalan kata-kata, dan metode digunakan seperti metode “glen doman”. Adapun langkah – langkah metode dan cara belajar membaca anak adalah sebagai berikut.
  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat beberapa kata yang dapat dibagi menjadi 3 set category dan dibentuk dalam kartu yang terbuat dari karton dan spidol. Tulislah kategory tersebut menggunakan spidol dan buat beberapa kata yang telah dibagi menjadi 3 set category A, category B. dan category C.
  2. Dalam hal ini adalah misalnya, tuliskan nama-nama anggota keluarga di set A (Ibu, Ayah, nenek, kakek< Tante) dan di set B atur dengan nama buah (jambu, pisang, durian, jeruk, dan apel), dan category C tuliskan dengan nama binatang seperti (Angsa, Kambing, Kuda, kelinci, dan gajah)  
  3. Dan langkah terakhir anda bisa menyuruh anak anda mengambil kartu yang paling depan didalam tumpukan pertama category A, lalu Bunda bacakan secara perlahan dan ajaklah anak Bunda untuk ikut menirukannya.

Itulah metode tepat melatih anak membaca. Agar belajar anak menjadi semangat dan cepat dalam menerapkan suatu cara belajar membaca, berikan anak susu dancow yang akan membantu proses belajarnya dengan optimal.
Load disqus comments

0 komentar