Thursday, July 20, 2017

SUATU EVOLUSI PANAH ATAU BUSUR DARI MASA KE MASA

Pengertian panah/busur panah

Pengertian panah/busur panah

Busur atau panah atau busur panah dikategorikan sebagai sebuah senjata yang digunakan untuk menembakkan anak panah, dibantu oleh kekuatan elastisitas dari panah itu sendiri. Biasanya senjata ini digunakan untuk berburu dan pada masa lalu sebagai salah satu peralatan perang. Selain itu panah juga digunakan sebagai alat utama dalam olah raga panahan.

Desain dari panah dipengaruhi oleh kebudayaan dan masa di mana alat itu dibuat. Desain panah yang paling umum yang digunakan oleh bangsa bangsa pada masa lampau adalah kayu (biasanya digunakan oleh Bangsa Inggris Kuno) dan kombinasi kayu-tulang (biasanya digunakan oleh Bangsa Asia Kuno). Pada masa sekarang, bahan untuk membuat panah yang mendominasi adalah plastik, karbon, material sintetik atau bahan campuran.

Orang yang menggunakan busur panah disebut sebagai pemanah


SEJARAH MEMANAH DAN PERKEMBANGAN SAMPAI SAAT INI

  1. Pada zaman prasejarah dan zaman kuno, banyak orang di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika membuat busur dan anak panah. Busur adalah salah satu senjata utama dalam perang dan berburu. Orang Mesir kuno, Yunani, dan China juga mempraktekkan panahan sebagai olahraga.
  2. Orang Hun, Turki, Mongol, dan kelompok-kelompok lainnya menggunakan busur dan panah untuk perang saat naik di atas kuda. Keterampilan mereka sebagai pemanah ulung membantu mereka menaklukkan sebagian besar wilayah Asia.
  3. Tentara Inggris mulai menggunakan busur besar yang disebut longbow pada tahun 1300-an. Longbow membantu mereka memenangkan pertempuran militer besar melawan Perancis. Busur terkemuka lainnya di Eropa pada saat itu adalah crossbow. Crossbow adalah busur kecil dan kuat yang ditempelkan melintang pada sepotong kayu. Crossbow memiliki alur khusus untuk membimbing panah di atas kayu dan tuas untuk menarik dan melepaskan tali busur.
  4. Di Eropa, senapan menggantikan busur dan panah sebagai senjata militer utama di tahun 1500-an. Tentara di dunia saat ini sebagian besar sudah menggunakan senjata api. Namun, banyak orang masih menggunakan busur dan panah untuk berburu. Panahan juga telah tumbuh sebagai olahraga populer. Pada awal tahun 1900-an, panahan menjadi cabang olahraga Olimpiade.

Jenis Busur Panah

  • Takedown Bow: Takedown bow adalah jenis panah yang bisa dipisah bagiannya. Terdiri dari sebuah riser (bagian tengah), dua limb (pinggiran), dan bow string.
  • Compound Bow: Merupakan salah satu busur paling modern. Busur ini menggunakan sistem katrol sehingga memudahkan dan meringkan pemakainya.
  • Flatbow: Mirip dengan selfbow dan longbow. Hanya saja penampan dari busur lebih pipih dan lebar, tapi menyempit di bagian tengahnya

  • Recurve Bow: Adalah jenis busur yang ujungnya melekuk ke arah depan. Ujung ini akan melurus ketika busur ditarik. Hal ini akan memberikan kecepatan ekstra kepada anak panah.
  • Reflex Bow: Adalah jenis busur panah yang ketika dilepas (setelah ditarik), seluruh pinggir busur akan melekuk ke arah berlawanan dengan pemanah.
  • Self Bow: Jenis panah paling sederhana. Panah ini dibentuk dari satu potong kayu.
  • Recurve Bow: Adalah jenis busur yang ujungnya melekuk ke arah depan. Ujung ini akan melurus ketika busur ditarik. Hal ini akan memberikan kecepatan ekstra kepada anak panah.
  • Reflex Bow: Adalah jenis busur panah yang ketika dilepas (setelah ditarik), seluruh pinggir busur akan melekuk ke arah berlawanan dengan pemanah.
  • Self Bow: Jenis panah paling sederhana. Panah ini dibentuk dari satu potong kayu.

Sejarah Awal berdirinya Olahraga Memanah

  • Mulanya panahan hanya digunakan masyarakat sebagai alat untuk mempertahankan diri, kemudian terus berkembang sampai bisa berperan sebagai olahraga yang menagndalkan refleksi, ataupun menjadi sebuah seni yang dasarnya kembali kepada subjektif-nya itu sendiri.
  • Disamping itu, dari catatan sejarah yang di dapatkan, dari skrip tersebut menyebutkan bahwa, panahan baru mulai dipandang sebagai salah satu cabang olahraga pada tahun 1676, atas inisiatif Raja Charles II dari Inggris.
  • Kemudian, setelah inisiatif itulah baru banyak negara-negara lain yang juga menganggap panahan sebagai salah satu cabang olahraga, dan bukan lagi sebagai sebuah senjata yang digunakan untuk berperang.
  • Di Inggris pada tahun 1844, diselenggarakanlah sebuah perlombaan memanah kelas nasional yang pertama, dibawah nama sebuah kelompok perkumpulan orang yang gemar memanah, atau bisa disebut juga dengan Grand National Archery Society (GNAS).
  • Sedangkan untuk di negara Paman Sam, negara tersebut menyelenggarakan kejuaraan memanah nasionalnya yang pertama pada tahun 1879, yang berlokasi di kota Chicago, Amerika Serikat.

Perkembangan Seni Memanah di Nusantara

  • Dalam sejarah PON di Nusantara, memanah memang merupakan salah satu cabang olahraga yang selalu diikutsertakan dalam perlombaan. kelompok Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) baru dibentuk oleh Sri Paku Alam VIII pada tanggal 12 Juli tahun 1953, yang lokasinya berada di Yogyakarta.
  • Federasi Memanah Internasional tersebut sudah berdiri sejak tahun 1931, dan  Indonesia diterima menjadi salah satu anggotanya pada tahun 1959, di Oslo – Norwegia.

Perjuangan Nusantara Untuk Bersaing Dengan Dunia Dalam Kompetisi Cabang Olahraga Memanah

  • Setelah Indonesia diterima sebagai salah satu anggota FITA pada tahun 1959, sejak saat itu pula Indonesia mulai dikenal dengan gaya memanah tradisional-nya, dengan ciri-ciri menembak menggunakan posisi duduk, ataupun dengan gaya naluriah-nya.
  • Sejak saat itu pula, para atlet pemanah Indonesia mulai mengambil bagian dalam ajang pertandingan kelas Internasional.
  • Namun bersamaan dengan hal itu, ada juga suatu masalah yang menghalagi para atlet Nusantara untuk ikut berkompetisi pada ajang kelas dunia.
  • Masalahnya adalah karena peralatan yang diperlukan, masih kurang memadai untuk mengikuti kejuaraan dunia tersbeut, tujuannya tidak lain supaya Indonesia dapat berkompetisi dengan lawan-lawannya seimbang.
  • Karena sulit di dapat dan biaya yang diperlukan sangat mahal. Akhirnya hanya beberapa atlet pemanah saja yang bisa membayar harga alat-alat tersebut.

Event Penting Tentang Dunia Panahan Indonesia di Rancah Nasional dan Internasional

  • sebelum tahun 1959, panahan hanya diperlombakan dengan Ronde Panahan Tradisional, yakni ronde duduk dengan jarak 30 meter.
  • Selanjutnya beberapa event penting yang harus Anda ketahui tentang dunia Panahan Indonesia, antara lain adalah:
  1. Kejuaraan Nasional I di Surabaya pada Tahun 1959
  2. Kejuaraan Nasional II di Yogyakarta pada Tahun 1961
  3. Kejuaraan Nasional III di Jakarta pada Tahun 1962
  4. Asian Games ke-IV di Jakarta, yang mana atlet Panahan Indonesia menempati posisi ke-2 di bawah negara Jepang.
  5. Kejuaraan Nasional ke-IV di Jakarta pada Tahun 1963.
  6. Genefo I di Jakarta, yang mana ketika itu regu Indonesia (Putera) menempati posisi ke-4, dan regu puterinya pada posisi ke-2.
  7. Perlawatan regu Nasional ke RRC dan Phlipina pada Tahun 1964

Itulah Artikel Tentang SUATU EVOLUSI PANAH ATAU BUSUR DARI MASA KE MASA semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share yaaahhh heheh babay................
        Load disqus comments

        1 komentar: