Thursday, July 20, 2017

Cara Menghadapai Anak Yang Malas Belajar

Cara Menghadapai Anak Yang Malas Belajar

Menjadi orang tua memang sangat menyenangkan. Namun masalah kerap muncul ketika mendidik anak. Karena memiliki anak yang nakal pastinya yang disalahkan orangtua karena tidak bisa mendidik dengan benar. Salah satu masalah orangtua dalam mendidik anak adalah, anak yang malas belajar. Bagi mereka belajar membaca dan menulis merupakan kegiatan yang membosankan. 

Untuk itu kita sebagai orangtua harus meyakinkan mereka bahwa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Sehingga anak kembali tertarik untuk belajar baik itu disekolah maupun dirumah. Berikut ada beberapa solusi menghadapi anak yang malas belajar, diantaranya: 

Reward Memberinya reward atau hadiah bisa menjadi cara jitu untuk membujuk anak supaya mau belajar. Berilah hadiah jika anak anda berhasil meraih nilai yang ditargetkan, tidak usah yang tinggi dulu seperti yang terbaik di kelas. Minimal lebih naik sedikit dari nilai sebelumnya. Dengan begitu anak akan terus termotivasi untuk mendapatkan nilai yang bagus dan tidak malas belajar lagi.

Dampingi anak belajar Cara selanjutnya anda bisa mendampingi anak ketika belajar. Karena dengan cara ini anak akan merasa lebih diperhatikan. Hal ini akan mempengaruhi psikologis anak dan membuat mereka semangat untuk belajar. Ciptakan suasana yang menyenangkan agar tidak membosankan. 

Game edukasi Jika anak anda sangat suka bermain game di gadget. Hal ini bisa menjadi cara untuk melatih anak belajar sambil bermain. Pilihlah beberapa game yang mengandung edukasi. Game tersebut bisa anda peroleh dengan cara mengunduh di google playstore yang tersedia dalam fitur gagdet. Cara ini bisa menjadi cara ampuh agar anak mau belajar, namun hal ini harus dalam pendampingan orangtua juga. Jangan sampai anak terus-terusan main gadget karena tidak baik juga bagi kesehatan matanya. 

Semoga tips diatas dapat bermanfaat bagi anda untuk menghadapi anak yang malas belajar membaca dan menulis. Tetap sabar dan ajari mereka secara perlahan-lahan, meskipun anda merasa kesal dan gemas. Karena jika anda marah juga tidak akan ada gunanya, justru akan membuat anak tidak mau belajar.
Load disqus comments

0 komentar