Saturday, July 22, 2017

3 Cara Untuk Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

3 Cara Untuk Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Memiliki buah hati mandiri dan kreatif merupakan impian setiap orang tua. Bagaimana tidak anak yang memang masanya bergantung pada orang tua memiliki inisiatif dan kesadaran sendiri untuk melakukan sebuah aktivitas, meskipun terkadang apa yang ia kerjakan jauh dari kata sempurna. Namun tahukan bunda anak yang seperti itu sama sekali jauh dari kata manja. Bagaimana cara mendidik anak agar tidak manja ?.  

Ada banyak teori dan ilmu pendidikan ataupun psikologi anak yang dapat membantu Anda selaku orang tua dalam menjadikan anak lebih mandiri dan tidak manja. Namun sebenarnya ada cara mendidik anak yang lebih sederhana dan terkadang tanpa sadar telah kita lakukan untuk menjadikan buah hati menjadi lebih mandiri. 

Berikut adalah beberapa diantaranya : 

Ajarkan Anak Berusaha Setiap anak secara naluri ingin memperoleh dan memiliki segala sesuatu yang diinginkan. Namun janganlah Anda selalu memenuhi keinginannya tersebut. hal ini akan menjadikan buah hati Anda menjadi manja karena menganggap apa yang di inginkannya akan mudah di dapat. Ciptakanlah situasi dimana buah hati Anda harus berusaha terlebih dahulu sebelum mendapatkan apa yang diinginkan sehingga anak akan lebih mandiri. 

Hindari Selalu Membela Kesalahan Anak Ketika buah hati Anda melakukan kesalah maka pastikan anak mengetahui bahwa yang dilakukannya salah dan siap menerima konsekusnsinya. Janganlah Anda selalu membela kesalahan yang dilakukannya karena ia akan menganggap hal tersebut merasa aman. Sehingga kita kelak dikemuadian hari ia menghadapai masalah ia tidak akan memiliki kemamuan untuk menghadapinya. 

Terapkan Pola Asuh yang Sama Sebagai orang tua Anda harus berkomunikasi dengan pasangan Anda ataupun keluarga dekat Anda dalam mengasuh anak. Pastikan anak menerima pola asuh yang sama, dengan demikian ia tidak akan merasa ada yang membela ketika melakukan kesalahan. 

Itulah beberapa cara mendidik anak agar anak tidak menjadi manja. Informasi lain mengenai anak dan dunianya dapat Anda peroleh dari Dancow. Sebuah brand terpercaya untuk membantu tumbuh kembang buah hati Anda.
Load disqus comments

0 komentar