Wednesday, June 14, 2017

Cara Menghitung Usia Kehamialn yang Sering Dilakukan


Cara menghitung usia kehamilan sangat perlu untuk diketahui oleh seorang wanita yang sedang hamil. Karena cara ini tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi perhitungan hanya dilakukan dengan sendiri tanpa bantuan medis. Hasil yang diberikan pasti tidak akurat dari apa yang dihasilkan dari medis.
Cara menghitung usia kehamilan yang dilakukan oleh medis  akan menggunakan beberapa metode. Dan metode tersebut sekarang ini sudah mengikuti perkembangan zaman yang ada. Berikut cara menghitung usia kehamilan yang sering dilakukan oleh medis :

  1. Menghitung usia kehamilan dengan metode kalender
Cara yang biasanya digunakan oleh orang awam dalam menghitung usia kehamilan adalah dengan menggunakan metode kalender. Pada metode ini membutuhkan pengetahuan yang luas terkait siklus haid. Itulah pada metode ini sangat ditekankan untuk selalu mencatat tanggal hari pertama pada saat haid pada setiap bulannya. Selain untuk menghitung usia kehamilan juga dapat mengetahui masa subur.
  1. Menghitung usia kehamilan dengan cara kalkulator penghitung usia kehamilan.
Menggunakan kalkulator penghitung usia kehamilan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Ini adalah alternative yang paling cocok dan juga akurat, selain itu menggunakan ini juga sangat mudah. Caranya adalah tingga memasukkan tanggal, bulan dan juga tahun dari hari pertama haid terakhir.
3. Menghitung usia kehamilan dengan menggunakan metode fundus uteri
Metode fundus uteri ini dihitung berdasarkan perkembangan janin. Prinsip pada metode ini adalah fundus uteri akan meninggi seiring dengan berkembangnya janin.
Cara menggitung usia kehamilan pada metode fundus uteri adalah dengan cara meraba pada bagian puncak rahim yang terasa menonjol pada bagian perut.
  1. Menghitung usia kehamilan dengan cara deteksi gerakan janin
Cara deteksi jantung ini memang sangat mudah unutk dilakukan, tapi hasil yang diperoleh tidak akurat 100%. Jika ibu yang hamil bisa merasakan janin bisa bergerak, itu biasanya usia kehamilan sudah memasuki antara minggu ke 18-20. Tapi ini hanya khusus bagi wanita yang pertama kali hamil.

Berikut tadi beberapa cara menghitung usia kehamilan yang sering kali dilakukan.
Load disqus comments

0 komentar