Tuesday, June 20, 2017

Cara Berbicara yang Baik dengan Pimpinan Kerja


Cara berbicara yang baik merupakan kunci kesuksesan berkomunikasi di semua bidang. Hal ini juga akan berpengaruh dalam menunjukkan status kita di masyarakat maupun dunia pekerjaan. Salah satu contohnya ketika kita dalam dunia pekerjaan, kita selalu berkomunikasi dengan rekan maupun atasan. Hal ini di tujukan untuk menyampaikan pesan yang kita maksudkan terhadap penerima. Salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu ketika kita berbicara dengan atasan. Kita wajib menggunakan tata cara berbicara yang baik dan benar.
Cara berbicara yang baik dan benar tersebut selalu memperhatikan hal sebagai berikut:
  1. Penggunaan bahasa
Ketika berbicara dengan atasan hendaknya kita memperhatikan penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa disini yaitu seperti menggunakan bahasa yang lebih formal saat berbicara. Dengan bahasa tersebut atasan akan  merasa dihargai oleh anda. Bahasa formal juga menunjukkan kinerja professional anda dalam pekerjaan. Sehingga atasan akan ber pendapat bahwa kinerja kita dalam pekerjaan sangat baik.
  1. Kejelasan intonasi
Berbicara dengan intonasi yang sesuai dan kejelasan yang tepat sangat diperlukan. Dengan hal tersebut, atasan anda akan mudah memahami apa yang anda sampaikan. Intonasi yang baik tidak menggunakan nada yang tinggi, melainkan menyesuaikan kondisi pembicaraan kita. Ketika kita menggunakan nada tinggi akan memberikan kesan bahwa kita menentang atasan. Jadi penggunaan nada yang normal adalah hal yang sangat tepat .
  1. Fokus pembicaraan
Fokus pembicaraan disini seperti ketika atasan menjelaskan apa tugas kita di dalam kantor. Dalam hal ini kita antusias menyampaikan rasa setuju dan melakukan pembicaraan secara rinci tentang tugas kita. Hal ini akan memberikan kesan bahwa kita menghargai posisi atasan kita dalam dunia pekerjaan.
  1. Ekspresi wajah
Cara yang terakhir yaitu mengontrol ekspresi wajah kita. Dalam pekerjaan terkadang ada usulan yang tidak disetujui. Dalam hal ini jangan menunjukkan ekspresi wajah marah terhadap atasan. Hal ini akan menunjukkan bahwa kita tidak menghargai atasan dan ingin mengadu ego kita. Sehingga atasan berpendapat bahwa kita menghina posisi mereka.


Itulah cara berbicara yang baik dengan atasan yang telah kami rangkum dalam empat poin. Jadi, gunakan cara bicara yang baik dalam berkomunikasi di lingkungan kerja anda. Selamat bekerja.
Load disqus comments

0 komentar