Thursday, May 18, 2017

Perkembangan Janin dari Minggu Pertama hingga Minggu ke Sepuluh

perkembangan janin dari minggu ke minggu


Memiliki buah hati tentu menjadi dambaan, termasuk menjadi kebanggaan bagi setiap pasangan suami istri, apalagi bagi mereka yang memang benar – benar mendambaan hadirnya sang buah hati. Untuk itu mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan sesuatu hal yang sering dilakukan, dan para orangtua pun sangat antusias untuk mengetahuinya dengan cara memeriksakan diri ke balai kesehatan ataupun dengan cara lain seperti banyak menggali informasi dari berbagai media. Begitupun untuk kali ini, kami akan menguraikan perkembangan janin di dalam kandungan sesuai dengan tahapan usia atau perminggunya. Di mulai dari minggu pertama hingga keempat sekitar usia kehamilan satu bulan, rahim seorang wanita mengalami pembuahan dari sperma menuju sel telur hingga pembuahan pada usia minggu ke tiga dan keempat. Kebanyakan dari para wanita belum menyadari bahwa dirinya sedang mengandung pada tahapan minggu ini.

Lanjut pada perkembangan janin minggu selanjutnya yakni minggu ke 5 hingga 10 melalui penjelasan berikut ini.

1. Minggu kelima terbentuk lapisan ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm merupakan lapisan paling atas dan akan membentuk sistem syaraf pada janin. Seterusnya akan membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Lapisan mesoderm berada pada lapisan tengan yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif. Sedangkan lapisan endoderm yaitu lapisan paling dalam yang akan membentuk usus, hati, pankreas dan pundi kencing.  
2. Minggu ke enam ukuran embrio rata – rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup, meski anda belum dapat mendengar detak jantung janin, tetapi jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. selain itu, sistem pencernaan dan pernafasan mulai terbentuk, pucuk – pucuk kecil berkembang menjadi lengan kaki.
3. Minggu ketujuh, janin memiliki panjang sekitar 5-13 mm dan beratnya 0,8 gram. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil, jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan kiri. Begitupun dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru – paru.
4. minggu ke 8 bayi sudah mulai terbentuk di antaranya pembentukan lubang hidung, bibir, mulut serta lidah. Matanya juga kelihatan berada di bawah membran kulit yang tipis, anggota tangan serta kaki juga terbentuk walaupun belum sempurna, dan akan banyak perubahan lain pada minggu ini.
5. Minggu ke 9 telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak.

Perkembangan minggu ke 10 semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerjasama, pertumbuhan otak meningkat dengan cepat dan sel saraf baru diproduksi setiap menit. Demikian uraian mengenai perkembangan janin dari minggu ke minggu, semoga bermanfaat untuk anda.   

Load disqus comments

0 komentar