Tuesday, May 23, 2017

Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

cara menjaga kehamilan muda
cara menjaga kehamilan muda

Hamil pada trimester pertama atau sering akrab disebut dengan hamil muda merupakan kehamilan yang sangat rentan. Pada usia kehamilan muda ada banyak sekali perubahan yang terjadi secara signifikan dalam diri seorang ibu hamil. Tentu saja berbagai gizi dan nutrisi menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil muda karena hal tersebut bisa menjadi energi yang baik untuk menjadikan ibu hamil siap menghadapi segala perubahan besar yang terjadi dalam kehidupannya. Makanan merupakan sumber energi pertama yang akan memberikan nutrisi penuh dalam tubuh ibu hamil. Pada usia kehamilan muda beberapa makana berikut ini direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam rangka cara menjaga kehamilan muda.

  1. Buah pepaya dan pisang. Buah Pepaya merupakan rekomendasi makanan sehat yang pertama untuk ibu hamil. Buah ini memiliki kandungan gizi berupa vitamin A dan serat yang sangat bagus, selain itu konsumsi pepaya dapat menghindari sembelit. Adapun buah pisang merupakan salah buah yang mampu memberikan energi dengan cepat dibanding dengan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi dan tepung beras. Pisang merupakan solusi bagi ibu hamil yang sering kali terserang anemia atau kurang darah.
  2. Sayuran. Sayuran memiliki manfaat untuk kesehatan utamanya dalam membentuk pertahanan tubuh dari sel kanker, menurunkan tekanan darah dan juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
  3. Susu. Mengkonsumsi susu merupakan salah satu cara menjaga kehamilan muda yang bisa dilakukan. Susu dapat memenuhi kebutuhan gizi protein sekaligus mempersiapkan janin yang memiliki pertumbuhan sel dengan tepat dan mumpuni. Konsumsi susu juga dapat dilakukan sebagai cara untuk melengkapi kebutuhan gizi yang diperlukan selama proses kehamilan.
  4. Kedelai dan Makanan olahannya. Kedelai merupakan salah satu makanan yang mengandung kandungan protein yang tinggi, protein nabati dalam hal ini merupakan hal yang sangat baik. Kedelai dan makanan olahan lainnya seperti tahu, tempe, susu, dan lain-lain merupakan rekomendasi sumber protein yang sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan.
Load disqus comments

0 komentar