Wednesday, March 22, 2017

Zat Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil

Zat Yang Diperlukan Oleh Ibu Hamil
Dalam masa kehamilan sering terjadi perubahan baik dari sei fisik ataupun sikap pada ibu yang sedang hamil tersebut. Sehingga sebagai seorang suami tentu harus lebih mengerti akan perasaan yang sedang di alami oleh istrinya yang sedang hamil tersebut. Sebagai suami harus mengetahui akan kebutuhan setiap istrinya apalagi ini ketika sedang hamil tentu asupan makanan yang baik harus terpenuhi sehingga perkembangan janin tiap minggu bisa tetap terjaga dan berkembang dengan sebaik – baiknya. 

Dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk tentu ini akan membuat sehat baik pada ibuny maupun pada janin yang ada di perut ibunya. Memang banyak makanan sekarang ini bisa didapat dengan mudah namun ketika dalam masa kehamilan tentu ini tidak akan bisa sembarangan makanan diberikan kepada ibu dan calon bayinya. 

Ada beberapa makanan yang perlu diberikan kepada ibu dalam awal masa kehamilan yang biasanya mengandung beberapa zat seperti di bawah ini diantaranya adalah sebagai berikut ini : 

Asam folat 

Awal kehamilan akan terlihat pada minggu ke 2 atau ke 3 sehingga pada saat itu juga asupan makanan harus diperhatian. Asam folat menjadi salah satu zat yang harus sering dikonsumsi ketika awal – awal kehamilan karena zat ini sangat bagus pada perkembangan bayi. Bahkan bisa mencegah berbagai jenis penyakit seperti untuk mencegah cacat tabung saraf, mengurangi risiko bayi lahir cacat otak dan cacat sumsum tulang belakang. Makanan yang banyak mengandung asam folat adalah kacang merah, sayuran hijau, kuning telur, susu, sereal dan yang lainnya. 

Zat besi 

Zat yang kedua yaitu zat besi yang dibutuhkan pada awal masa kehamilan karena zat ini bermafaat untuk membentuk sel darah merah bagi Mamy dan janin, demi mencegah letih, lesu dan lemah yang biasanya sering terjadi anemia pada ibu yang sedang hamil tersebut. 

Kalsium 

Pada awal minggu keempat janin sangat memerlukan banyak kalsium karena bermanfaat untuk membentuk tulang dan supaya terhindar dari osteoporosis di kemudian hari. 

Dengan melihat asupan makanan pada awal masa kehamilan tentu ini akan membuat perkembangan janin tiap minggu mudah-mudahan sesuai dengan yang diharapkan berkembang dengan sehat.
Load disqus comments

0 komentar