ARTIKEL JURNAL PENTINGNYA SUATU INFORMASI BERBASIS KOMPUTER BAGI ORGANISASI DAN BAGAIMANA SISTEM INFORMASI TERSEBUT DIBAGUN

ERWIN WIDIANTO, 1606012. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA A B S T R A K Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama sumber daya ya...

ERWIN WIDIANTO, 1606012. JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

A B S T R A K

Informasi adalah salah satu dari lima jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan informasi semakin penting seiring dengan rumitnya kegiatan bisnis yang setiap saat membutuhkan informasi yang akurat dan demi pelayanan yang memuskan pada para pelanggan. Pengelolaan informasi juga lebih menantang sejalan dengan perkembangan kemampuan komputer saat ini. Output komputer digunakan oleh berbagai pihak untuk bahan pengambilan keputusan, terutama seorang manajer dalam suatu perusahaan. Saat para manajer melakukan fungsi dan perannya, memerlukan dukungan informasi yang akurat, cepat dan tepat agar dapat melakukan tugasnya secara efektif. Hal ini akan terwujud apabila manajer memiliki keahlian dalam bidang komunikasi dan pemecahan masalah dengan pengetahuan tentang komputer dan informasi. Selanjutnya pengelolaan informasi akan merupakan sebuah sistem, yang saling tergantung sekaligus bersinergi antar berbagai komponen yang membentuk sistem tersebut. Sistem ini dikenal dengan sistem informasi. Karena digunakan untuk membantu manajer dalam mengambil kebijakan maka disebut dengan sistem informasi manajemen.
Akibat perkembangan lembaga yang dikelolanya manajer tidak hanya mengelola sumber daya fisik saja, tetapi juga sumber daya konseptual. Sumber daya konseptual sangat abstrak sehingga sulit untuk dikelola. Cara pengelolaannya adalah dengan mengubah menjadi simbolsimbol yang memiliki value (nilai), sehingga dapat dikalkulasi. Cara pengelolaan sumber daya koseptual ini yang paling tepat adalah dengan menggunakan bantuan mesin, dalam hal ini komputer. Dengan demikian sistem informasi manajemen akan lebih efektif apabila dikelola atau berbasis komputer. Sistem informasi berbasis komputer tersebut lebih dikenal sebagai (computer-based information system) atau CBIS.

Kata Kunci : Teknologi, dan Organisasi.

A B S T R A C K

Information is one of the five main types of resources that can be used by managers. All resources including information can be managed. Information management is increasingly important as the complexity of business activities at any time require accurate information and for services that satisfy both the customer. Information management is also more challenging in line with the capabilities of today's computers. Computer output is used by various parties for decision making, especially a manager in a company. When managers perform their functions and roles, need the support of the information is accurate, fast and precise in order to perform their duties effectively. This will be realized when managers have expertise in the field of communication and problem-solving with knowledge of computers and information. Furthermore, the management of information would constitute a system, interdependent well as synergy between the various components that make up the system. This system is known as the information system. Because it is used to assist managers in making decisions so called management information systems.
As a result of the development agency that manages the manager not only managing physical resources, but also the conceptual resources. Very abstract conceptual resources making it difficult to manage. How management is to turn into symbols that have value (value), so it can be calculated. How this conceptual resource management is the most appropriate with the help of the machine, in this case the computer. Thus the information management system will be more effective if managed or computer-based. The computer-based information system, better known as (computer-based information system) or CBIS.

Keywords: Technology, and Organization.           



PENDAHULUAN
Sistem Informasi ialah kombinasi dari Teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk tujuan mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. (sumber: Wikipedia.com)

PEMBAHASAN
Setiap pimpinan suatu lembaga selalu menggunakan informasi untuk melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga subyek dari manajemen informasi bukanlah suatu hal yang baru. Informasi telah ada sejak adanya manusia sampai saat ini dan masa mendatang. Kegunaan informasi juga relatif sama dari waktu ke waktu yaitu sebagai alat untuk mendukung pengambilan keputusan mulai dari keputusan individual sampai pada tingkatan keputusan seorang manajer profesional pada kalangan lembaga bisnis modern. Daya dukung informasi terhadap pengambilan keputusan sangat berarti, sehingga cara-cara pengelolaan informasi mulai diperhatikan oleh manusia sejalan dengan perkembangan  peradabannya. Dengan demikian apa yang telah dijelaskan di atas sangat tepat bahwa subyek informasi bukanlah suatu hal yang baru, namun cara-cara mengelola informasi agar ada kemudahan dalam memperoleh informasi yang akurat dan mutakhir inilah yang selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Selanjutnya untuk menjawab permasalahan ini diperlukan teknologi yang mumpuni. Inovasi
yang sangat memungkinkan untuk mengatasi hal tersebut adalah komputer. Lembaga atau organisasi menajdi semakin sadar bahwa informasi adalah suatu sumber daya yang penting dan sangat strategis, dan komputer dapat mengelola sumber daya tersebut. Perkembangan program-program komputer yang sengaja dirancang untuk memudahkan manajemen dalam mengelola informasi sangat pesat. Aplikasi di berbagai bidangpun semakin luas, terutama aplikasi di bidang bisnis yang dimaklumi sebagai indikator kemajuan suatu peradaban manusia. Pada dunia bisnis dikenal beberapa jenis aplikasi program komputer untuk mendukung kinerja suatu lembaga bisnis, seperti aplikasi yang berkaitan dengan penanganan transaksi akuntansi, aplikasi yang berkaitan dengan bidang manajemen sumber daya manusia, aplikasi yang berkaitan dengan bidang pengambilan keputusan, aplikasi yang berkaitan dengan bidang informasi manajemen, bahkan sampai pada kantor maya (virtual office), dan sistem berbasis pengetahuan (knowledgebased system). Seluruh aplikasi program komputer atau lebih dikenal dengan software di bidang bisnis tersebut lebih dikenal dengan istilah sitem informasi berbasis komputer (computer-based information system), atau CBIS.
Kemampuan komputer mengelola informasi bisnis yang semakin kompleks dijelaskan oleh Reymond McLeod (2004:3) sebagai berikut:
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer. Informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topic ini bersumber dari dua pengaruh. Pertama, bisnis telah menjadi semakin rumit, dan kedua, komputer telah mencapai kemampuan yang semakin baik”.
Pentingnya suatu Sistem Informasi berbasis Komputer bagi suatu Organisasi yaitu :
1.      Dapat memberikan kemudahan bagi suatu organisasi atau perusahaan.
2.      Dapat menjadi sarana Tranfortasi dalam Berkomunikasi.
3.      Dapat menjadi suatu syarat dalam berorganisasi karena dalam suatu organisasi tidak lepas dari yang namanya sistem Informasi.

KESIMPULAN
Jadi dapat disimpulkan bahwa Suatu sistem Informasi berbasis Komputer Bagi suatu Organisasi dalam Perkembangan jaman Saat ini tentunya banyak Manfaatnya. Maka dari Sitem informasi Berbasis Komputer tidak hanya bermanfaat bagi suatu Organisasi saja tetapi berguna Bagai apa saja di jaman sekarang.

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Kadir, 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta : Andi Offset.
Brown, Carol V., dan Bostrom, Robert P. (Spring:1994). “Organization Designs
for the Management of End-User Computing: Reexamining the
Contingencies.” Journal of Management Information System.
Cale, Edward G., Jr., dan Kanter, Jerry. (Number 1: 1998). “Aligning Information
Systems and Business Strategy : A Case Study”. Journal of Information
Technology Management.
Mirani, Rajesh, dan King, William R. 1994. “The Development of a Measure for
End – User Computing Support,” Decision Sciences.
Moekijat, 1988, Sistem Informasi Manajemen, Bandung : CV Remaja Karya.
Raymond McLeod, Jr. dan George Schell. 2004. Sistem Informasi Manajemen
(terjemahan). Jakarta: PT Indeks
Siagian, S.P, 1984, Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan, Jakarta :
Gunung Agung.
Wahyudi Kumorotomo dan Subando Agus Martono, 2001, Sistem Informasi
Manajemen, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

 RIWAYAT HIDUP











Nama                            : Erwin Widianto
NIM/Email                    : 1606012@sttgarut.ac.id
Jurusan                          : Teknik Informatika
Tempat, Tanggal Lahir : Garut, 01 Januari 1997
Alamat                          : Kp. Datar Peuteuy Ds. Sukarame Kec. Caringin Kab. Garut
Agama                          : Islam





















COMMENTS

Name

artikel asuransi belanja online berita Berita Bola Bisnis bisnis online Chord edukasi Film Furniture gadget gaya hidup Google Adsense ibu dan anak internet jasa kecantikan kesehatan kosmetik kosmetik kecantikan lifestyle minuman MP3 Pemrograman Pendidikan percetakan Properti Software Stile teknologi tips Tips Blogger Tips Masakan UMUM Youtube
false
ltr
item
www.trikpas.com | Situs Terbaik Seputar Informasi General: ARTIKEL JURNAL PENTINGNYA SUATU INFORMASI BERBASIS KOMPUTER BAGI ORGANISASI DAN BAGAIMANA SISTEM INFORMASI TERSEBUT DIBAGUN
ARTIKEL JURNAL PENTINGNYA SUATU INFORMASI BERBASIS KOMPUTER BAGI ORGANISASI DAN BAGAIMANA SISTEM INFORMASI TERSEBUT DIBAGUN
https://3.bp.blogspot.com/-gV0ixk75Mhw/WIcMEO3W20I/AAAAAAAAAOA/NqCoEZOd3fUTRR9nLZVE6Z1Wweyl47sWwCLcB/s320/aku.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-gV0ixk75Mhw/WIcMEO3W20I/AAAAAAAAAOA/NqCoEZOd3fUTRR9nLZVE6Z1Wweyl47sWwCLcB/s72-c/aku.jpg
www.trikpas.com | Situs Terbaik Seputar Informasi General
http://www.trikpas.com/2017/01/artikel-jurnal-pentingnya-suatu.html
http://www.trikpas.com/
http://www.trikpas.com/
http://www.trikpas.com/2017/01/artikel-jurnal-pentingnya-suatu.html
true
3875315062525481814
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy